Alasan-kenapa-kamu-harus-memaafkan-diri-sendiri

Alasan Kenapa Kamu Harus Memaafkan Diri Sendiri

Perlukah seseorang memaafkan diri sendiri? Sebelum menjawab hal itu, pernahkah kamu menyalahkan diri sendiri atas kesalahan di masa lalu? Bahkan seringkali merasa menyesal karena telah melakukan kesalahan tersebut. Seringkali terpikir dalam benakmu ‘seandainya nggak melakukan hal ini, pasti nggak akan begini’ atau ‘seandainya melakukan hal ini, nasibku sekarang akan jauh lebih baik’. Untuk kasus ini, apakah perlu memaafkan diri sendiri?

Dalam situasi tertentu, refleksi diri atau belajar dari kesalahan masa lalu memang dibutuhkan. Namun, jika terlalu berlarut-larut dalam kesedihan dan penyesalan bukanlah hal yang bijak. Cobalah membuka hati untuk memaafkan diri sendiri dan berdamai dengan masa lalu. Dengan memaafkan diri sendiri kita bisa lebih menerima diri kita seutuhnya yang membuat hidup lebih bahagia. 

Kamu bisa menyimak beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memaafkan diri sendiri.

Baca juga: 6 Kebiasaan baik di pagi hari yang buat kamu merasa senang seharian

Mengakui Kalau Kamu Memang Salah

Semua orang pasti pernah berbuat salah, yang disengaja maupun nggak sengaja. Tapi, sebuah kesalahan bukan berarti kamu nggak bisa berhasil. Mungkin memang harus coba berusaha lebih keras lagi. Jangan menjadi jahat pada diri sendiri dengan menyalahkan diri sendiri tanpa adanya solusi. Setiap kesalahan yang dibuat coba untuk cari sisi positifnya dan solusi agar nggak mengulangi kesalahan yang sama kedepannya.

Tak Perlu Selalu Memikirkan Kesalahan

Yang sudah berlalu biarlah berlalu. Jika kamu terobsesi dengan kesalahan masa lalu, hal itu akan membuatmu malas beraktivitas dan enggan mencoba hal baru karena selalu diselimuti rasa takut ketika ingin bertindak. Kamu akan stuck dan nggak maju-maju.

Selalu Berpikir Hal yang Positif

Ketika terlalu fokus dengan penyesalan masa lalu, hal itu akan memengaruhi pikiran kita untuk selalu berpikir negatif dan skeptis. Misalnya, kamu akan selalu berpikir kalau kamu melakukan suatu hal pasti akan gagal atau nggak akan berhasil. Cobalah untuk melakukan self-talk, berbicara dengan diri sendiri atau berbicara tentang hal-hal positif dengan orang lain.

Baca juga: Apa sih yang bikin orang jadi toxic?

Keluarkan Unek-Unekmu

Keluarkanlah keluh kesahmu agar merasa lega jika diperlukan. Kamu bisa cerita dengan orang terdekat yang sangat kamu percaya, bisa juga dengan menulis diary atau jurnal. Menyatakan perasaan kita dengan jujur adalah salah satu cara untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang, sehingga kamu nggak selalu dihantui perasaan bersalah.

Mencoba Untuk Ikhlas

Dari semua poin di atas, poin terakhir ini adalah yang paling penting. Ikhlas adalah salah satu cara untuk menerima segala kesalahan yang pernah kamu lakukan dengan legowo. Menerima diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Ketika sudah ada di tahap ini, kamu bisa dengan mudah untuk memaafkan dirimu sendiri. 

Cobalah untuk selalu memaafkan diri sendiri setiap waktu, segala kesalahan yang kamu buat tak selamanya buruk. Selalu ada sisi baik dalam setiap kejadian. Dengan memaafkan diri sendiri, kamu akan menjadi orang yang lebih baik dan lebih bahagia dari sebelumnya.

Penulis: Hasna Syahida

About the author
memaafkan diri sendiri meminta maaf

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.